Firdha Fadhilah

2012

Di program studi mikrobiologi, saya tidak hanya belajar tentang teori tentang mikroba, tetapi juga tentang mencobanya secara langsung secara praktikal. Banyak kegiatan yang kami lakukan selama belajar di program studi mikrobiologi, seperti penelitian kecil, Fermenstation, kerja praktek, dan ekskursi, dan itu semua memberi kami kesempatan untuk belajar di luar kelas. Hal tersebut sangat menyenangkan karena kami dapat belajar bagaimana caranya bekerja dalam tim, mengasah sikap dan pemikiran ilmiah, serta memperluas pengetahuan tentang mikrobiologi pada kehidupan sehari-hari, dan dimanapun. Dosen-dosen di program studi mikrobiologi sangat ahli dalam bidang mereka, seperti mikrobiologi lingkungan, akuakultur, mikrobiologi medis, mikrobiologi minyak bumi, mikrobiologi makanan, genetika dan molekuler, dan lain-lain. Fasilitas pembelajaran digital, seperti blended learning membuat kami memiliki wawasan global. Saya merasa senang dengan peningkatan laboratorium mikrobiologi akhir-akhir ini. Saya harap kita juga dapat meningkatkan kualitas belajar kita untuk melakukan penelitian kita sendiri di masa depan.

Yuzy Fauzyah

2011

Mikrobiologi SITH ITB merupakan satu-satunya program studi sarjana mikrobiologi di Indonesia dan memiliki kesempatan baik bagi mahasiswanya untuk mempelajari mikroorganismme. Sebelum saya belajar disini, saya hanya tahu sedikit tentang mikrobiologi, tetapi di program studi ini, saya dapat mempelajari lebih jauh tentang pengetahuan mikrobiologi. Disini juga kami memiliki kesempatan untuk menjadi peneliti yang baik melalui pengalaman-pengalaman selama bekerja di laboratorium. Mahasiswa juga dapat memilih topik untuk penelitian akhir, dimana topik tersebut meliputi: mikrobiologi medis, mikrobilogi lingkungan, mikrobiologi makanan, mikrobiologi molekuler, fungi, dan Microbiology Enhanced Oil Recovery (MEOR). Disamping belajar, setiap tahun kami memiliki kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar, dan ekskursi. Setelah kami melalui program sarjana (4 tahun), kami dapat menjadi peneliti, bekerja sebagai pengendali mutu (Quality Controller), atau melanjutkan pendidikan kami untuk menjadi dosen. Pada akhirnya, saya secara pribadi merasa bersyukur untuk bisa diterima di program studi Mikrobiologi ITB.

Sathya Deva

2011

Saya bangga menjadi mahasiswa mikrobiologi ITB. Disini kami belajar mengenai suatu organisme yang  berukuran sangat kecil, namun memiliki dampak besar pada kehidupan kita, dan bumi. Kami belajar mikrobiologi tidak hanya dari dosen kami yang menginspirasi kami, tetapi juga dari pekerjaan laboratorium, untuk meningkatkan keterampilan kami sebagai seorang microbiologist. Silabus di program studi ini disusun sedemikian rupa dalam rangka penguasaan materi tentang prinsip mikroba. Tidak hanya itu, setiap beranjak dari semester ke semester, kami dididik untuk terus mempelajari ilmu mikrobiologi yang lebih lanjut, seperti mikrobiologi lingkungan, medis, dan industri. Hal yang paling membanggakan adalah mikrobiologi ITB memiliki hubungan baik dengan universitas internasional lain. Dengan itu, kami memiliki kesempatan lebih untuk belajar di luar negeri.

Meliawati

2011

Di program studi sarjana mikrobiologi itb, aya mempelajari banyak ilmu, lebih dari yang saya kira, dari ilmu dasar hingga penerapan ilmu mikrobiologi secara luas pada kehidupan sehari-hari. Kami dididik untuk memiliki karakter, serta keterampilan komprehensif, yang dibekali kepada mahasiswa agar mahasiswa tersebut kompeten untuk karir dia dimasa depan. Kurikulum pada program studi mikrobiologi membuat mahasiswa memiliki pengalaman dalam bekerja di laboratorium, presentasi, kerja praktek, membuat seminar, dan mengembangkan soft skill dalam kerja sama tim. Walaupun kami fasilitas laboratorium kami tidak terlalu canggih, tetapi itu tidak membatasi kami untuk melakukan berbagai penelitian.

Fachry

2013

Belajar di prodi Mikrobiologi ITB merupakan suatu kebanggaan bagi saya. Awalnya saya mengira bahwa mikrobiologi merupakan sebuah ilmu yang sempit ruang lingkupnya, tapi ternyata mikrobiologi merupakan ilmu yang sangat luas dan aplikatif. Disini saya belajar bagaimana suatu mikroorganisme itu dapat hidup&berkembang, berinteraksi dg lingkungan dan bagaimana mereka bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain itu Kemampuan kita bersosialisasi, bekerja profesional di lab, dan bekerja sama dalam tim sangat dijunjung tinggi disini (lazuard fachry, mahasiswa prodi mikrobiologi 2013)

Dendi Krisna

2011

Mikrobiologi SITH, sebuah kesempatan yang sangat baik untuk memperoleh pengetahuan sebanyak-banyaknya. Saya belum menyadari betapa pentingnya ilmu mikrobiologi hingga saya bertemu dengan dosen-dosen yang sangat passion di mikrobiologi itb. Mereka mengajarkan dan membuat saya mengerti betapa mikrobiologi akan sangat berguna dalam beberapa waktu kedepan. Saya sangat bangga menjadi bagian dari mikrobiologi ITB. Kerja keras, menuntut ilmu, dan memperluas jaringan, adalah sesuatu yang saya selalu lakukan untuk membuat departemen mikrobiologi bangga, seperti saya membanggakan departemen saya.

Wardah, 2010

“Learning Microbiology in School of Life Sciences and Technology of ITB is beyond my expectations. I get a glimpse of basic life through microscopy organism with all chemical reactions inside its cell and its interaction with its environment. Besides that, I also get more knowledge about Microbiology in medical, pharmaceutical, environmental, and fermented food industrial. Also, each of lecturers here has different background expertise related to Microbiology that broaden insight of Microbiology wider. Since this program study is smaller than most others in ITB, I can interact with my lecturers and supervisor easily.”

Reskandi, 2010

Microbiology is a focused yet dense and applicable subject. Throughout my four-year study, I was enlightened, and then directed to solve problems and conduct research on evolving issues which could be tackled from a microbial perspective. A substantial amount of laboratory work was incorporated into the curriculum, though at times it felt a little overwhelming, here I was privileged to experience and improve my skills on many novel laboratory techniques. The Microbiology community in ITB is relatively small, thus as students we were close to the lecturers and even closer as a class.

Natali

2008

Mikrobiologi mungkin memang bukan jurusan kuliah yang umum di Indonesia, namun masuk dalam keluarga besar Mikrobiologi ITB merupakan keputusan terbaik yang pernah saya ambil. Semenjak awal masuk jurusan, baik pengetahuan, kecakapan tangan, dan kemampuan analisis begitu dilatih dalam praktikum dan penelitian kecil dengan topik yang menarik, dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ilmu yang disampaikan oleh para dosen dengan fokus keahlian yang beragampun membuat kami semakin menyadari bahwa aplikasi ilmu Mikrobiologi begitu luas dan terpakai di mana saja.

Kenia

2011

It was an exciting chance to get a comprehensive skill of an applied life science, especially microbiology-based studies. The program gave us analytical and technical skills in the course. Also, we have had great atmosphere among students and good opportunity for being lectured by experts in their fields. This program provides the applicable skill set that required in the future as a tool for improving the quality of human life in many fields, like food, energy, health, and environment. Though we got so many assignments, presentations, exams, and of course experiments in the lab as well, I really enjoyed being a part of Microbiology student 🙂